Mengenal 10 Jenis Baja dan Kegunaannya

Mechanical Enginnering

Dalam proses pembangunan gedung perkantoran dan beragam jenis bangunan lainnya, Kontraktor Mekanikal Elektrikal atau Kontraktor MEP menjadi bagian penting yang tidak boleh ditinggalkan. Mengapa demikian? Pasalnya layanan jasa yang diberikannya akan sangat membantu proses pembangunan agar lebih cepat selesai. Tidak hanya itu, hal ini juga berkaitan dengan berbagai peranan penting yang dimiliki.

Mengenal Kontraktor Mekanikal Elektrikal

Kontraktor Mekanikal Elektrikal atau disingkat menjadi ME dikenal sebagai jenis layanan jasa yang mana pekerjaannya berkaitan dengan konstruksi bangunan. Tanpa adanya kontraktor tersebut, maka proses pembangunan proyek pun tidak akan berjalan dengan baik.

Banyak orang yang menyamakan antara tugas kontraktor tersebut dengan arsitek atau ahli teknik sipil. Padahal keduanya jelas memiliki tugas yang berbeda. ingin tahu apa saja perbedaannya? Simaklah uraian penjelasannya berikut ini :

Mechanical Enginnering

Tugas Kontraktor Mekanikal Elektrikal

Berikut adalah beberapa tugas yang dimiliki seorang kontraktor mekanikal elektrikal :

  1. Melakukan proses pemasangan untuk instalasi listrik, dimulai dari jenis bangunan rumah hingga beragam jenis gedung pencakar langit.
  2. Melakukan proses pemasangan untuk instalasi elektrikal, seperti halnya pada sistem pemasangan fire alarm, jaringan telepon, internet, tata suara dan beragam hal lainnya.
  3. Melakukan proses pemasangan dari beragam jenis mesin yang terdapat di dalam gedung. Termasuk diantarannya mesin pompa yang digunakan untuk mengalirkan air ke segala arah, baik itu air menuju basement, air mancur, hingga mesin lift yang juga ditujukan untuk mempermudah para pengunjung gedung dan lainnya.
  4. Melakukan proses pemasangan untuk instalasi AC. Bagian yang satu ini umumnya disimpan di area plafon yang menggunakan sistem instalasi ducting. Dalam hal ini layanan jasa tersebut akan menggunakan mesin khusus yang dikenal dengan nama AHU atau pun mesin AC split yang umumnya ditempatkan di bagian dinding.
  5. Melakukan Proses pemasangan untuk Sistem Pemadam Kebakaran seperti fire hydrant dan fire sprinkler yang merupakan bagian penting untuk melindungi bangunan tersebut.

Tugas Ahli Sipil

Berbeda dengan tugas yang dimiliki oleh seorang kontraktor mekanikal elektrikal, berikut ini adalah beberapa tugas yang dimiliki seorang ahli teknik sipil.

  1. Tugas pertama seorang teknik sipil adalah melaksanakan pekerjaan yang berkaitan dengan struktur bangunan, termasuk pula landscape, arsitektur, hingga mempertimbangan tampilan untuk interior juga eksterior dari bangunan yang akan dibuat.
  2. Jika pekerjaannya ditempatkan dalam satu jenis proyek tertentu, maka ia juga akan memegang kendali pihak yang mengatur manajemen serta bertanggung jawab terhadap hasil pekerjaan kontraktor mekanikal elektrikal itu tadi.

Dari penjelasan di bagian atas tadi dapat Anda lihat bahwa pekerjaan kontraktor mekanikal elektrikal itu jelas berbeda dengan ahli sipil. Pasalnya ahli sipil memiliki tugas dan ruang lingkup kerja yang lebih luas. Sedangkan untuk kontraktor mekanikal elektrikal itu sendiri tugas yang dimilikinya justru lebih terfokus pada beberapa bagian saja.

Memilih Layanan Jasa Kontraktor Mekanikal Elektrikal

Bagi Anda yang hendak menggunakan layanan jasa dari kontraktor mekanikal elektrikal, maka pastikanlah untuk mempertimbangkan beberapa hal di bagian bawah ini :

  1. Reputasi Baik
    Saat ini layanan jasa kontraktor mekanikal elektrikal hadir dengan jumlah banyak dan bahkan telah tersebar luas di berbagai belahan Indonesia. Namun bagi Anda yang ingin mendapatkan layanan terbaik,maka pastikanlah untuk memilih layanan yang berkualitas. Seperti halnya dengan memilih layanan yang memiliki reputasi baik.
  2. Memiliki tenaga kerja berpengalaman
    Tips selanjutnya yang tidak kalah penting untuk Anda perhatikan dalam memilih jasa yang memiliki tenaga kontraktor mekanikal elektrikal berpengalaman, sehingga kesalahan pun sangat jarang dilakukan dan proses pengerjaan tugas dapat dilakukan dengan lebih cepat.
  3. Ketersediaan alat yang lengkap.
    Bagian selanjutnya adalah mempertimbangkan jasa kontraktor mekanikal elektrikal yang memiliki kelengkapan alat atau tidak. Pasalnya setiap tugas yang dimiliki kontraktor mekanikal elektrikal tersebut selalu berkaitan dengan penggunaan alat. Selain itu, dengan kelengkapan alat yang dimilikinya, maka pekerjaan pun dapat dilakukannya dengan lebih lancar.
  4. Mudah untuk dihubungi
    Tips paling akhir yang tidak boleh Anda lewatkan dalam mempertimbangkannya adalah tingkat kemudahan untuk dihubungi. Hal ini dikarenakan jenis pekerjaan yang dilakukan oleh kontraktor mekanikal termasuk dalam kegiatan penting yang harus dilakukan dengan segera dalam proses pembangunan bangunan. Karena itulah pastikan untuk memilih jasa yang mudah dihubungi, agar setiap kebutuhan yang Anda perlukan darinya dapat dikerjakan dengan segera.

Untuk Instalasi dan Pemasangan Lift / Elevator bangunan bertingat percayakanlah kepada kami Pabutama Kontruksi untuk memberikan rekomendasi dan juga menyediakan kebutuhan peralatan tersebut. Pabutama Kontruksi sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun baik dalam kontraktor pembangunan dan mekanikal elektrikal.

Apabila anda membutuhkan bantuan untuk kebutuhan Mekanikal Elektrikal anda dapat menghubungi kami di nomor +62 838-9132-6781 atau melalui email kami di pabutamakonstruksindo2022@gmail.com.